ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 18 November 2011

KEGIATAN KEPUTRIAN

Teman-teman.............
Alhamdulillah di SD Al Muslim Tambun setiap hari Jum'at selalu mengadakan kegiatan Keputrian. Wah ... pasti kalian penasaran ya... seperti apa sih kegiatan itu ? Untuk kegiatan keputrian tentunya pesertanya adalah anak-anak perempuan. Kami melaksanakannya setelah bada dzuhur dan dibimbing oleh guru BK kami yang bernama Ibu Nurul.


Dalam kegiatan Keputrian tersebut kami diperkenalkan wawasan tentang ke-Islaman melalui cerita-cerita. Bahkan kami diberi kesempatan untuk menjadi ustadzah-ustadzah cilik. Seru dan menyenangkan sekali !

Untuk kegiatan hari Jum'at tanggal 18 Nopember, teman kami yang bernama Fitri dari kelas V Zubair menyampaikan Kultum tentang Bersabar. Mau tahu isi kultumnyanya!
Yuk .......... kita baca bersama-sama :


Assalamu'alaikum.....

Semakin banyaknya manusia yang mengeluhkan peristiwa dan musibah dalam hidup kadang membuat seseorang berbuat yang tidak semestinya. Hal itu terjadi akibat adanya rasa tidak menerima apa yang diberikan Tuhan kepadanya. Dengan kata lain orang tersebut belum bisa menghadapi masalah dengan sabar Setiap musibah dan ujian yang menimpa diri seorang mukmin pasti selalu ada hikmah yang dapat di petik. Musibah yang menimbulkan kesedihan dan derita mendalam akan mengantarkan kita pada sikap sabar dan menerima segala ketentuan Allah. Islam telah mengajarkan kita untuk bersabar, tawakal dan ikhlas dalam menghadapi segala ujian, Tidak ada suatu kejadian pun termasuk musibah yang luput dari kuasa dan izin Allah. Allah berfirman "Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali izin Allah dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya dan Allah mengetahui segala sesuatu (At Thaghaabu: 11) 
Seseorang mukmin dituntut untuk menyadari akan kuasa Allah, selain ia dituntut untuk menggali hikmah dari setiap peristiwa, dengan kesadaran ini setiap musibah yang menyebabkan kematian akan membawa kita pada peningkatan keimanan pada Allah. Kesabaran yang sebenarnya adalah kesabaran yang memperkuat cita-cita. Sebagaimana sabda Rasulullah "Bersabarlah wahai keluarga Yasir. Sesungguhnya yang dijanjikan bagi kalian adalah surga". Itulah kesabaran Bilal bin Rabah, khatab dan keluarga Yasir. Begitulah sikap seorang mukmin, ketika ia bersabar menghadapi ujiannya, tempat yang terbaik telah disediakan oleh Allah atas kesabarannya. Oleh karena itu setiap peristiwa yang menimpa kita itu berasal dari Allah. Maka bersabarlah menghadapinya maka akan semakin bertambah keimanannya dan kita diberi surga sebagai penghargaannya. Jadi kita semua bersabar kita juga akan menempatkannya sebagai orang yang mulia di sisinya.

Demikian kultum dari saya, semoga bermanfaat untuk semua. Mohon bukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya apabila terdapat kesalahan yang menyinggung hati.

Wassalamualaikum wr. wb

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix