ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 07 Maret 2012

YUK .... MEMBUAT TEROMPET !


Sampah sebagai barang sisa yang tidak bisa dipergunakan lagi, namun akan bermanfaat apabila dikelola dengan baik. Jika tidak dikelola dengan baik, maka sampah juga akan menjadi masalah. Guna mengurangi resiko akaibat reaksi sampah maka pemilahan sampah menjadi sesuatu yang harus segera dilakukan. Pengolahannya dapat dilakukan melalui tindakan atau prinsip 3R yakni reduce pengurangan, recycle daur ulang dan reuse penggunaan kembali. Pengelolaan dengan konsep 3 R ini terbukti cukup membantu proses pengurangan sampah baik organik maupun anorganik.

Salah satu kegiatan yang telah dilakukan di SD Al Muslim Tambun dalam rangka menggalakkan 3 R tersebut adalah berkreasi dari sisa-sisa kertas ataupun karton untuk diolah sehingga bermanfaat. Kreasi yang kami lakukan antara lain membuat hiasan-hiasan di dinding, membuat bingki foto, dan membuat mainan. Salah satunya adalah membuat terompet.

Alhamdulillah ... di pagi yang cerah  pada hari Rabu tanggal 15 pebruari 2012, kami siswa/siswi  Level 3 SD Al Muslim Tambun melaksanakan kegiatan Fresh Morning yang bertemakan 3 . Kami berkreasi dipandu oleh seoranf guest teacher dari pembuat mainan anak-anak. Ada beberapa terompet yang sudah jadi , wah makin semakin kami untuk segera belajar membuat mainan terompet tersebut. 

Menurut nara sumber pembuat mainan terompet, ada beberapa cara untuk membuat terompet, yaitu:
1.gunakan karton yang tebal untuk membentuk corong.usahakan lubang kecil di bagian pankal corong lebar kurang dari setengah meter.
2.potonglah ujung sedotan membentuk huruf "v" gunakan gunting yang tajam
3. peganglah ujung sedotan yang telah di potong dengan ibu jari dan telunjuk.tekan ujngnya agar bentuknya rata.
4. potong ujung sedotan yang telah di tekan.masukkan dalam lubang kecil pada corong.cobalah terompet tersebut.
5. letakkan di mulut dan tiuplah.rasakan getarannya pada saat memainkan sebuah nada







0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix