ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 16 Februari 2012

Yukk....kita belajar tentang gas (Ekskul MIPA ) SD Al Muslim

 by : 4stuty
Sabtu tanggal 11 Februari 2012, aku dan teman-temanku MIPA SD al muslim akan membuat gas.....bagaimana bisa ya......Mari kita coba lakukan,  untuk membuat gas kami mereaksikan dua bahan yang cukup banyak di temui ditoko –toko, ya..bahan itu adalah soda kue dan sitrun, soda kue biasanya di gunakan untuk membuat kue mengembang, sedangkan sitrun biasanya dapat digunakan untuk menjernihkan air.

Sekarang aku akan mencampurkan bahan tersebut dan merangkai alat dengan balon dan botol aqua bekas.
Zabdan sedang memasukkan sitrun ke dalam botol

Devi memasukkan soda ke dalam balon

Sitrun aku masukan botol, sedangkan soda aku masukan ke dalam balon,
apakah yang terjadi ? 

Bima dan Azmi memasang balon pada botol
Wow..........perlahan lahan setelah balon aku pasang pada botol.....balon itupun mengembang......nah..mengapa balon mengembang ? Balon mengembang karena ada gas yang dihasilkan dari reaksi soda dan sitrun yaitu gas karbondioksida, bahkan dalam minuman soda sering ditambahkan gas tersebut, maka janganlah terlalu sering untuk mengkonsumsi minuman bersoda.


Balon kelompok Rahma dan Sheila sudah mengembang


Balon kelompok Gibran, Devi dan Bima juga sudah mengembang

Itulah kegiatan ekskul MIPA hari sabtu kami, sampai ketemu lagi di kegiatan yang lain............................

1 komentar:

Beruntung sekali anak-anak ini mempunyai guru yang luas pengetahuannya ya...

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix