ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 16 Februari 2012

Budidaya Tanaman untuk Kebutuhanku


by: 4astutyMenanam merupakan pekerjaan yang mudah dan hampir setiap orang dapat melakukannya, tetapi tidak semua orang mau melakukan hal itu, dengan alasan kotor, takut cacing, sulit dan sebagainya. Padahal banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita menanam yaitu hasil tanam. Namun lain halnya dengan anak- anak SD almuslim, mereka sudah terbiasa menanam sejak dini, bahkan sejak mereka usia Taman Kanak- kanak mereka sudah diajarkan untuk menanam. Salah satu program unggulan kami adalah Green education, yang menerapkan asas pemeliharaan terhadap lingkungan, serta menggunakan alam sekitar sebagai media belajar dan sumber belajar.

Proses penanaman di mulai dengan pembuatan media tanam yakni dengan mencampurkan beberapa bahan yaitu : tanah, sekam padi, pupuk dan air.
Mencampur tanah, pupuk dan sekam padi


Khalid dan teman-temanya mencampur media tanam
Anak - anaklah yang berperan dalam pencampuran media tanam tersebut, dengan tujuan mereka mengenal media tanam secara langsung dan dapat membuatnya sendiri. Kemudian mereka masukkan dalam pot-pot atau box buah yang  telah tersedia sehingga tempat pembibitanpun telah siap, kemudian pembibitanpun di mulai.


memindahkan media tanam ke pot




Ahmad dkk bersama bu yuli  membuat media untuk bibit kangkung


Pembibitan
Apakah pembibitan itu ? Pembibitan adalah kegiatan untuk menghasilkan benih tumbuh yang banyak dan baik. Agar benih tumbuhan berkualitas langkah pertama adalah menanam tumbuhan yang sehat. Adapun ciri- ciri tumbuhan yang sehat adalah :
1.       Menghasilkan buah atau daun yang lezat
2.       Bebas dari penyakit dan secara alamiah tahan lama
3.       Tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrim.
Manfaat kebun pembibitan adalah : memudahkan penanaman, pengairan dan perawatan, serta melindungi bibit dari sinar matahari. 

Penanaman
Langkah selanjutnya adalah penanaman. Menanam dapat kita lakukan pada lahan maupun pot jika lahan yang kita gunakan sempit. Yang kita lakukan saat penanaman adalah  mencangkul tanah sebelum menanam benih, menyiramnya, tambahkan sedikit pasir jika tanah terlalu mengandung tanah liat.

Pemeliharaan tanaman
Merawat tumbuhan tidak hanya cukup di beri air saja, namun pupuk, sinar matahari yang cukup , jenis tanaman serta kondisi tanah dan iklim juga harus kita perhatikan.  Selain itu kita juga harus waspada terhadap gulma/tanaman pengganggu maka kita harus melakukan penyiangan secara rutin. Lakukan juga penyiraman secara rutin jika tidak ada hujan, karena tanaman yang kekurangan air makan akan fatal akibatnya. Dengan memelihara tanaman di sekitar kita maka kita sudah berperan serta dalam pemeliharaan bumi.
Indah dan Ridho Kelas 5 Khalid menyiangi tanaman
Kegiatan tersebut di atas dilakukan oleh anak- anak SD al muslim mulai level 1 – level 5, yang mereka tanam juga bervariasai, ada yang menanam kangkung, kacang panjang , bayam bahkan sawi. Dalam proses penanaman mereka sangat antusias meski dengan lahan yang terbatas. Itulah yang kami lakukan dalam pembelajaran Green education sebagai sebuah upaya untuk dapat mengenal proses pertumbuhan tanaman pangan dengan harapan menumbuhkan kegemaran untuk membudidayakannya sendiri  dan menumbuhkan habit memakan sayur untuk kesehatan.

2 komentar:

Wah...hebat ya...beginilah seharusnya generasi penerus bangsa ini.

Kita sebagai manusia memang harus lebih dekat dengan alam, di dalam Al Quran Allah-pun telah memberikan perintah kepada manusia untuk selalu melihat sinyal-sinyal alam

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix