ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 12 Februari 2012

JOYFUL LEARNING SD


Saat istirahat dihibur dengan pentas seni menyanyi
Alhamdulillah pada hari Sabtu tanggal 4 Pebruari 2012 SD Al Muslim Tambun telah mengadakan kegiatan  bermain dan belajar bersama anak-anak Taman Kanak-Kanak.  Subhanallah…., senang sekali melihat kegembiraan, keceriaan, dan riuhnya celoteh-celoteh anak-anak TK  tersebut.

Secara khusus Joyful Learning yang diselenggarakan SD Al Muslim  Tambun bertujuan untuk mengenalkan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan di SD Al Muslim Tambun. Kegiatan yang melibatkan 120 anak TK tersebut menggunakan pendekatan Joyful Learning (pembelajaran yang menyenangkan).  Kegiatan yang dimulai dengan penampilan  Drum Band SD Al Muslim Tambun  menambah semarak acara. Agenda kegiatan terdiri dari pembelajaran Sains, Bahasa Inggris, Komputer, dan Kertakes. Meskipun banyak aktifitas yang dilakukan oleh anak-anak TK, mereka senang sekali karena metode yang kami berikan  menggunakan pendekatan Joyful Learning

Penerapan Joyful Learning dalam pengajaran  membuat para anak-anak TK  merasakan suatu kegembiraan pada waktu mereka mengikuti kegiatan belajar tersebut. Guru  menyajikan proses belajar mengajar yang menyenangkan, dengan ditdukung penggunaan  berbagai macam media. Pendekatan Joyful Learning, membuat  anak-anak  dapat belajar dengan cepat dan dapat praktik secara langsung.

SD Al Muslim Tambun yang merupakan sekolah full day menerapkan pendekatan Joyful Learning. Keseharian aktifitas yang siswa-siswi lakukan mulai dari pagi  ( Pkl. 07.00 WIB) hingga sore hari ( Pkl. 16.00 WIB ) membutuhkan pendekatan Joyful Learning dalam system pembelajaran, sehingga meskipun seharian mereka berada di lingkungan sekolah, Alhamdulillah siswa-siswi SD Al Muslim Tambun merasa nyaman, betah, dan senang.

 Apa itu Joyful Learning

Bercerita bersama anak-anak TK
Joyful Learning merupakan metode pembelajaran yang melibatkan rasa senang, bahagia, dan nyaman dari pihak-pihak yang sedang berada dalam proses belajar mengajar. Di sini terdapat keterikatan cinta dan kasih sayang antara guru  dan siswa.  keterikatan hati di dalam proses belajar mengajar akan membuat masing-masing pihak berusaha memberikan yang terbaik untuk menyenangkan pihak lain.

Dalam metode Joyful Learning, guru yang merupakan fasilitator mencari bahan-bahan dan alat-alat pengajaran yang paling menarik perhatian para siswanya.  Guru  juga menerapkan kegiatan-kegiatan yang dapat membuat kelas menjadi bergerak dan dinamis.

Begitu juga jika hal ini diterapkan dalam proses pembelajaran. Bukan hanya menghindarkan kejenuhan dan rasa kantuk, kegiatan-kegiatan yang “heboh” seperti ini akan meninggalkan kesan yang lama dalam memori siswa. Tentu saja games yang dipilih disesuaikan dengan topik yang sedang dibicarakan. Pendekatan Joyful Learning menciptakan suasana yang segar dan jauh dari perasaan tertekan. Dengan kepiawaiannya, guru menghadirkan kegembiraan dalam proses pembelajaran. 

Pembukaan disemarakkan dengan Drum Band Pramuka SD Al Muslim Tambun
Berkreasi bersama anak TK

Pengarahan dari BBC sebagi Pendamping Program Bilingual SD


Persiapan bermain dan belajar dengan komputer

Pembelajaran Komputer bersama anak TK
Panitia Joyful Learning  Mengajar, Membimbing, dan Mendidik dengan Cinta




2 komentar:

Semoga semua guru dan anak-anak Full enjoy dalam belajar dan mengajar
Salam
http://www.arebyne.wordpress.com/

Wah Bagus ya acaranya...mengenalkan sekolah pada anak dengan metode Joyfull

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix