ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 29 Mei 2012

MELATIH ANAK TOILET TRAINING DI SEKOLAH


Toilet training sering disebut pembiasaan anak pada kamar kecil / toilet. Anak mampu mengatur fungsi tubuhnya dengan benar dan mampu mengurus dirinya sendiri saat di toilet. Adakalanya saat anak masuk sekolah TK atau Sekolah Dasar kita sebagai orang tua merasa khawatir bagaimana nanti si anak dapat mengurus dirinya saat ke toilet di sekolah.
Berdasarkan pengalaman yang saya lakukan pada anak didik saya di sekolah,  kebetulan juga saya guru kelas bawah yaitu kelas 1 di sekolah dasar. Dan saya juga seorang ibu dengan tiga orang anak yang juga masih kecil dari yang SD,TK dan masih balita jadi saya terapkan juga pada anak saya di rumah  Ada tips agar anak sukses pada toilet training ini. Adapun tahapannya sebagai berikut:
1. Berikan pemahaman  pada anak tentang  kebiasaan untuk selalu BAB atau BAK di toilet melalui cerita yang mereka sukai seperti cerita binatang atau tokoh kartun.Dan juga berikan contoh konkrit bayi yang belum bisa bicara dan berjalan sehingga dede bayi belum bisa bilang kalau pengen ‘pup’ atau pipis sehingga kita bisa bilang nak,kalo BAB atau BAK di celana berarti dede bayi doong…! Sianak  akan faham dengan sendirinya dan akan malu bila terjadi pada dirinya.
2. Berikan pemahaman setiap kali fungsi tubuhnya ingin BAB atau BAK dengan  tanda-tanda yang mereka rasakan untuk bilang pada orang dewasa disekitarnya bahwa dia ingin ke toilet dan jangan pernah untuk menahan karena akan membuat kamu sakit. Dan jangan pernah takut untuk meminta izin.
3. Sering mengingatkan anak untuk selalu disiplin ke toilet karena  diusia dini sianak sering  menahan karena malas.
4. Mendampingi  anak saat ke toilet karena pada awal masuk sekolah anak biasanya masih  beradaptasi pada tempat baru atau masih takut ke toilet sendiri
5.Ciptakan suasana toilet menyenangkan dengan cahaya yang terang, wangi dan bersih ini juga  membuat anak mau datang ke toilet.
6. Mendampingi dan mengarahkan anak saat membersihkan diri saat di toilet dengan penuh perhatian dan kasih sayang.
7. Memberikan pujian jika anak disiplin ke toilet dan jangan pernah mencela jika anak belum berhasil pada toilet trainingnya ini.
8. Jangan pernah bosan untuk terus memberikan motivasi tentang toilet training ini karena sesungguhnya “anak itu  bagaimana   orang dewasa disekitarnya”. Artinya kita sebagai orangtua  mampu mengarahkan dan membimbing anak kita menjadi anak yang berdisiplin dan bertanggung jawab pada apa yang sudah mereka lakukan.
Alhamdulillah setelah saya terapkan pada siswa saya disekolah dan anak saya dirumah sekarang mereka sudah mampu mengurus dirinya sendiri dan sudah tahu bagaimana mengontrol  fungsi tubuhnya dengan baik.Semoga bermanfaat !

                                                                                                            By: Sari Wulan
                                                                                       Guru SD almuslim Tambun-Bekasi
                                                                                                                       29/05/2012


0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix