ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 15 Maret 2012

KUNJUNGAN KE MUSEUM GEOLOGI DAN KEBUN BINATANG BANDUNG



serius mendengarkan penjelasan dari nara sumber
Alhamdulillah........ pada hari Kamis  tanggal 1 Maret 2012, siswa-siswi SD Al Muslim Tambun mengunjungi Museum Geologi di Bandung. Museum geologi ini beralamat di jalan Ponegoro no: 57 Bandung, sekitar 200 m dari provinsi Bandung. Gedung museum didirikan pada saat masa penjajahan VOC dan diresmikan juga pada tanggal 16 mei 1929.


Siswa-siswi SD Al Muslim Tambun pada saat menapakkan kaki di lantai Museum Geologi, segera disambut oleh berberapa pembimbing  di sana. Kami lalu diarahkan ke ruang auditorium untuk melihat suatu film yang berjudul dunia yang terbentuk oleh waktu, dan hanya berdurasi 15 menit. Film tersebut menceritakan keadaan alam yang terjadi dengan adanya waktu. Juga diceritakan tentang kejadian alam terkenal seperti Gunung Everest yang terbentuk dikarenakan 2 pulau saling bertumbukan.
Trip berikutnya mereka berjalan ke ruangan dimana di dalamnya terdapat fosil-fosil yang sudah berumur ratusan tahun. Ada pemandu yang menjelaskan mengenai fosil itu kepada kami, seperti contohnya fosil kura-kura atau geochelone atlas yaitu kura-kura raksasa setinggi 1,5 m  dan panjang 2 m.
Selanjutnya, siswa-siswi SD Al Muslim Tambun menuju ke suatu ruangan lagi yaitu ruangan Geologi Indonesia yang berlokasi di lantai dasar. Di dalam ruangan Geologi Indonesia terdapat berbagai macam barang zaman dahulu seperti bijih emas. Juga dijelaskan pembentukan bumi yang sebenarnya di Indonesia terdapat 129 gunung berapi yang aktif. Selain itu terdapat juga berbagai macam batu-batu zaman dulu. Dilantai 2 tersebut terdapat berbagai kamar yang memiliki koleksi tersendiri. Di Sepanjang koridor terdapat berbagai miniatur seperti kapal pesiar. Subhanallah........ mengingatkan zaman kehidupan di masa lalu.



Setelah kami puas menyaksikan kebesaran Allah SWT yang terdapat di Museum Geologi tersebut, kami melanjutkan perjalanan ke Kebun Binatang Bandung. Hanya sekitar 30 menit perjalanan kami tempuh, Alhamdulillah , lokasi yang akan kami kunjungi sudah terlihat.

Area naik onta
Senangnya naik onta bersama teman-teman
Kunjungan ini untuk mengaplikasikan ilmu  ketika berada di kebun binatang. Acara ini merupakan program pendidikan dan realisasi untuk mensyukuri kebesaran Allah SWT dengan menyayangi makhluk binatang.. alaupun kebanyakan dari siswa sudah pernah mengunjungi kebun binatang, namun mereka tetap terlihat antusias serta mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh guru pembimbing level 3.  Beberapa peraturan yang disiapkan diantaranya: dzikir saat melihat berbagai hal di kebun binatang, sholat tertib, berakhlak baik yaitu menyayangi  binatang, mengenal penciptaan Allah lebih banyak, berolahraga dengan jalan kaki keliling kebun binatang, disiplin dan taat peraturan saat mengunjungi Kebun Binatang tersebut.

Mereka begitu semangat mengikuti acara ini. Dalam kunjungan ini mereka didampingi guru dan pembimbing lainnya. Aktifitas mereka bermacam-macam diantaranya ada sekelompok yang duduk-duduk sambil menikmati makanan ringan di bawah pohon rindang. Kemudian mereka menikmati sajian siang, setelah cukup lama berkeliling.
"Alhamdulillah kunjungan ini penuh hikmah, bisa mengenal binatang maupun tumbuhan ciptaan Allah SWT,"ungkap salah satu siswa SD Al Muslim Tambun  penuh semangat. Di akhir kegiatan, guru dan para pembimbing memberikan hadiah dengan memberikan kesempatan naik onta  bagi siswa-siswa SD Al Muslim Tambun yang mengikuti peraturan ketika berkunjung ke kebun binatang.  ***

Subhanallah......... seperti di gurun pasir

Ibu Lisna bersama kelas 3 Hambali
Ibu Ela  bersama siswa-siswi kelas 3 Syafi'i

Ibu Tuti bersama siswa-siswi kelas 3 Hanafi
Ibu Ami bersama siswa-siswi kelas 3 Malik

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix