ASSALAMUALAIKUM WR WB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 30 Oktober 2011

PERINGATAN HARI BAHASA

Membaca buku, saat ini bukan lagi menjadi prioritas bagi anak-anak. Kegemaran membaca pada anak sudah semakin pudar dan mulai ditinggalkan, karena anak lebih menyukai tayangan yang disajikan televisi. Meskipun buku sebagai sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang harus dibaca setiap orang sejak usia dini, namun justru hal itulah yang ditinggalkan anak-anak saat ini.


Atas dasar inilah SD Al Muslim Tambun  mencanangkan Gerakan Membaca  Buku untuk Anak-anak. Menurut Eli Firdayanti, Ketua Pelaksana Lomba Hari Bahasa menyatakan bahwa , rajin membaca buku memiliki banyak manfaat yang diraih. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, juga meningkatkan kesejahteraan. Pasalnya, secara otomatis anak-anak yang suka membaca buku, akan mempunyai pengetahuan yang luas dan akan membantunya nanti saat dewasa.
Melihat keprihatinan tersebut, SD Al Muslim Tambun  menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang selama ini bergerak di bidang membaca, salah satunya Yayasan Pijar yang berlokasi di Jakarta.
Dengan Tema “ Membaca membuka jendela Penggerak Kreatifitas Siswa”, SD  Al Muslim Tambun menggelar peringatan Hari  Bahasa. Acara dilaksanakan dalam bentuk perlombaan-perlombaan. Perlombaan yang dilaksanakan meliputi perlombaan bahasa Indonesia, bahasa Arab  dan bahasa Inggris. Kegiatan tersebut  diikuti siswa/siswi  SDAl Muslim Tambun Level 1 s.d. 6.


Bekerja sama dengan YKAI ( Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia ) khususnya Perpustakaan Keliling YKAI dan Mobil Program Kesetraan PIJAR (Pusat Informasi dan Belajar Anak dan Remaja), siswa-siswi SD Al Muslim bersama-sama menggelar program membaca yang dilaksanakan di aula Khalid Bin Walid. Tujuan  kegiatan lomba bahasa dan membaca bersama  kepada anak-anak, agar mereka tertarik dan pada akhirnya meningkatkan minat baca mereka, kami mengadakan berbagai kegiatan kreatif pendukung seperti bercerita (story telling), book diary, perlombaan dari anak untuk anak,
Ditengah-tengah kesibukan perlombaan, ruang kelas ditata khusus untuk pelaksanaan lomba. Adapun lomba yang dilaksanakan meliputi lomba Pidato berbahasa Inggris, Lomba Imla dan permainan kata berbahasa Arab, Lomba menceritakan kembali isi film dengan fasilitas computer, dan Lomba bernyanyi berbahasa Inggris Semua peserta sangat antusias mengikuti lomba. Kegiatan peringatan hari Bahasa ditutup dengan menggelar kegiatan membaca bersama  yang difasilitaskan dari Mobil Program Kesetraan PIJAR (Pusat Informasi dan Belajar Anak dan Remaja), 



Akhir dari kegiatan perlombaan ini diharapkan  siswa/siswi SD Al Muslim Tambun dapat  meningkatkan kegiatan gemar membaca. Sebab, membaca, manfaatnya sangat luar biasa. Dengan membaca,  dapat menambah wawasan. Dengan membaca, bisa mengetahui tentang dunia luar. Orang sukses,  resepnya tak ada lain, yaitu rajin membaca. Program  Gemar Membaca harus  berjalan efektif di SD Al Muslim Tambun yang  berencana mengumpulkan guru-guru. “Nanti yang jadi ujung tombang guru bahasa Indonesia. Mereka akan  mendiskusikan bagaimana gemar membaca menjadi budaya di SD Al Muslim Tambun, kalau ada siswanya yang gemar menulis cerpen atau apa saja yang berhubungan tulis menulis, sekolah akan memberikan dukungan penuh.  Menurut Ahmad Syarifudin  dunia tulis menulis sangat menarik. Bahkan, kata dia, banyak orang sukses yang bermula dari menulis. Demikian disampaikan Ahmad Syarifudin Wakasek Kesiswaan saat menutup  kegiatan membaca dan pemberian hadiah bagi pemenang lomba tersebut.

1 komentar:

Acara yang hebat dan padat, semoga seluruh siswa dapat mengambil manfaat dari kegiatan Bulan Bahasa tersebut.
salam
http://arebyne.wordpress.com/

Posting Komentar

Ayo Join

IDBUX AksenClix